Breaking News

Friday 28 September 2012

Kali Babak (Kokoq Babak - red), adalah sebuah kali dengan khas tebing yang curam yang berada di wilayah Medain Kec. Narmada Lombok Barat. Kali Babak merupakan kali yang membatasi antara Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah. 
Apa yang menarik di tempat ini ? Kali Babak bukanlah tempat rekreasi, tapi lebih condong saya menyebut sebagai dasar tempat menguji nyali. Hal ini dikarenakan jalur akses menuju ke tempat ini cenderung sedikit ekstrim, jalan yang dilalui juga di kelilingi oleh semak belukar yang tumbuh liar, dengan struktur tanah yang lembab. 
Hanya dengan mengandalkan kamera saku Fujifil Finepix J10 saya mengabadikan pemandangan alam di Kali Babak, sedikit rekonstruksi menggunakan software pengolah photo

Bagi Anda yang takut akan binatang-binatang melata, saya sarankan untuk tidak mengunjungi tempat ini, karena sewaktu-waktu ada ular atau reptil lainnya berkeliaran.
Awalnya saya tidak tertarik dengan lokasi kali, karena anggapan saya hampir semua kali memiliki struktur alam yang demikian dengan batu-batu cadas. Tetapi beberapa teman saya mencoba meyakinkan bahwa tempat ini cukup bagus, apalagi melihat tebing-tebing curam yang membentuk lekuk sungai.

Akhirnya, dengan sedikit terpaksa saya meluangkan sedikit waktu untuk mengikuti kawan-kawan menjenguk kawasan ini. Kami berangkat dari Desa Bagu Kec. Pringgarata selepas Ashar, menggunakan sepeda motor, perjalanan sekitar 5 menit. Kemudian kami menitipkan motor di rumah penduduk sekitar. Dari Sini kami berjalan kaki menuruni bukit kecil menuju ke daerah sungai. Memang tidak ada jalan setapak yang dikhususkan untuk menuju kesana, sehingga kami menerobos semak belukar dan melewati rimbunan pohon-pohon bambu, tanah yang becek sudah terasa. 
Setelah melewati jalur menurun kami pun dihadapkan oleh tanjakan belukar yang lebih ekstrim, Kemudian baru kami menemui bukit gersang yang ditumbuhi oleh ilalang yang sudah mengering, lumayan capek. 
Pemandangan sore hari di Kali Babak

Rehat sebentar berphoto-photo sambil menikmati suasana persawahan dan perkebunan, dari sini kami juga sudah bisa melihat bibir kali yang betul-betul curam. Saya berfikir tempat ini memang sangat ekstrim.

Dari sini kami terus melaju dengan kaki yang sudah mulai linu, menapaki sedikit demi sedikit batu cadas yang menuju ke aliran sungai ke arah barat. Luar biasa, dari sini saya dan kawan-kawan sudah bisa memandangi hampir keseluruhan daerah di kali ini. 
Duduk termenung

Aliran air nya memang tidak seberapa, malah bisa dikatakan hampir menggenang, tapi disanalah keindahan yang bisa diabadikan oleh kamera saku yang saya bawa, pohon-pohon hijau serta rumput-rumput liar yang tumbuh subur, membuat aliran sungai ini seperti kolam panjang yang ditaburi bebatuan yang indah. kami pun terus mencoba mengabadikan tempat ini dengan berbagai pose.
Sebelum maghrib kami pun beranjak meninggalkan tempat ini. Berhubung juga dengan batteri kamera sudah tidak bisa bertahan. 
Kesimpulan saya, Kali Babak bukan tempat rekreasi keluarga, tapi lebih condong untuk kegiatan-kegiatan alam yang ekstrim, seperti panjat tebing, pramuka dan pencinta alam.
Bagi Anda yang belum mengunjungi dan penasaran silahkan coba saja, saya tidak bilang ini bagus, tapi cukup lah buat mencari kesibukan sejenak.



0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas waktunya membaca blog ini,serta luangkan waktu Anda untuk memberi komentar

Sekolah Kami :

Flag Counter

Yang Online

Trafik Pengunjung

DOWNLOAD PRANGKAT TUGAS :

Statistik Blog

Yang Sering di Baca

Halaman FB TKJ SMK Qamarul Huda Bagu