Breaking News

Friday 23 September 2016

Dalam memperlancar proses pembelajaran tentang jaringan komputer, perlu adanya aplikasi yang mesti digunakan untuk melakukan desain perencanaan dan simulasi sebelum di terapkan pada perangkat utama. Disini saya akan memberikan gambaran tentang 3 aplikasi yang bagus untuk digunakan dalam melakukan desain awal sampai pada tahap simulasi dan uji coba pembuatan jaringan pada komputer.

Adapun 3 aplikasi tersebut adalah :

1. Edraw Max
Aplikasi ini memiliki banya fitur diagram perencanaan, yang salah satunya bisa digunakan untuk mendesain rancangan gambar awal sistem jaringan komputer. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan merupakan aplikasi yang saya pakai dalam membuat materi pembelajaran. Bagi yang berminat bisa mencoba aplikasi ini dan bisa mengunduh di situs resminya di https://www.edrawsoft.com/

Topologi Star dibuat dengan Edraw Max Pro

2. Cisco Packet Tracer
Cisco Packet Tracer adalah aplikasi simulai jaringan yang dibuat oleh Cisco untuk menjadi bahan simulasi perangkat-perangkat Cisco, namun demikian aplikasi ini juga menyediakan pengaturan untuk perangkat umum (generic) yang bisa dipakai tanpa harus terikat dengan settingan cisco. Aplikasi ini akan memberikan nuansa seolah-olah kita sedang benar-benar melakukan konfigurasi pada komputer yang terhubung dalam sistem jaringan.
Untuk aplikasi Cisco Packet Tracer bisa di download pada link unduhan di bawah ini

Cisco Packet Tarcer



3. GNS3
GNS3 adalah software simulasi jaringan komputer berbasis GUI yang mirip dengan Cisco Packet Tracer. Namun pada GNS3 memungkinkan simulasi jaringan yang komplek, karena menggunakan operating system asli dari perangkat jaringan seperti cisco dan juniper.
Aplikasi ini bisa di download di situs resminya https://www.gns3.com/
GNS 3

Demikian informasi mengenai aplikasi desain dan simulasi jaringan komputer yang menjadi rekomendasi bagi para pelajar maupun para mahasiswa yang menekuni bidang jaringan. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan. Silahkan tinggalkan komentar


2 comments:

Terima kasih atas waktunya membaca blog ini,serta luangkan waktu Anda untuk memberi komentar

Sekolah Kami :

Flag Counter

Yang Online

Trafik Pengunjung

DOWNLOAD PRANGKAT TUGAS :

Statistik Blog

Yang Sering di Baca

Halaman FB TKJ SMK Qamarul Huda Bagu