Breaking News

Friday 23 September 2016



Pada kesempatan ini saya akan membuat tutorial, melakukan instal sistem operasi berbasis Graphic User Interface (GUI) yang merupakan materi dasar pembelajaran untuk siswa Teknik Komputer dan Jaringan. Untuk tingkat pertama dalam GUI Series ini saya sengaja menggunakan Sistem Operasi buatan Microsoft yang sekarang sudah tidak diberikan dukungan lagi oleh pengembangnya, yaitu Microsoft Windows XP. Hal ini sebagai bentuk pengenalan kepada peserta didik agar memahami konsep dari sistem operasi berbasis graphic.

Untuk melakukan langkah-langkah ini, tentunya anda minimal memiliki pengetahuan dasar tentang komputer dan pengaturan BIOS terutama yang akan mencoba melakukan instalasi langsung kepada komputernya. 

Baiklah, untuk tahap latihan saya akan melakukan instalasi menggunakan VirtualBox, bagi yang ingin mencoba menggunakan VirtualBox silahkan persiapkan bahan-bahan berikut:
1. Oracle VirtualBox sebuah aplikasi Virtual Komputer (Virtual Machine) yang bekerja seolah-olah kita memiliki komputer di dalam komputer mengenai Cisco Packet Tracer silahkan baca kembali postingan Membangun Jaringan Komputer denga Cisco Packet Tracer. Aplikasi ini bisa di unduh pada link download di bawah ini :

Download Oracle VirtualBox : via googledrive

2. Master Windows XP : adalah kemasan Sistem Operasi buatan Microsoft yang dikemas dalam bentuk keping CD. Dalam melakukan instalasi menggunakan Virtual Box sebaiknya Anda memiliki file yang dikemas dalam bentuk ISO. Sedangkan untuk instalasi langsung ke komputer dari awal, bisa menggunakan CD/DVD maupun melalui media Flash Disk. Dua cara ini akan dibahas pada postingan yang lain nantinya. Karena disini kita akan fokus pada cara melakukan instal windows xp melalui virtual box .


Langkah Persiapan :

  • Setelah anda mengunduh aplikasi Virtual Box melalui link download virtual box diatas maka lakukan langkah instal Virtual Box di Komputer baik PC maupun laptop Anda. Tutorial melakukan instalasi Virtual Box bisa Anda baca pada halaman postingan berikut ini : Melakukan instalasi Virtual Box di Komputer.
  • Setelah itu jalankan aplikasi Virtual Box yang sudah anda instal dan akan membawa anda kepada tampilan utama Virtual Box seperti pada gambar di bawah ini.    
  • Buat virtual mesin baru dengan cara memilih tombol Baru lalu klik
  • Selanjutnya berikan nama untuk sistem operasi yang akan anda instal di mesin virtual, disini saya mengisi Name : Windows XP  Tipe : Microsoft Windows Versi : (32 bit) kemudian klik Lanjut
  • Langkah selanjutnya kita akan mengalokasikan besarnya memori yang akan dipasang pada virtual machine yang akan digunakan untuk menjalankan sistem operasi windows xp yang kita buat tadi. Disini saya menggunakan ukuran memori 192 MB dan cukup stabil untuk menjalankan Windows XP. Pilih Lanjut 
 
  • Kita telah memaski tahap dimana kita diminta untuk mengatur alokasi Hard Disk yang nantinya digunakan untuk menyimpan hasil instalan. Tahap ini saya memilih recommended dengan ruang disk virtua yang dipilihkan secara otomatis oleh Virtual Box. Pilih Create a virtual hard disk now lalu klik pada Buat.
 
  • Tahap selanjutnya kita diminta untuk menentukan file type untuk hard disk sebagai track master dalam menjalankan sistem perasi, pada pengaturan ini saya memilih VDI (Virtualbox Disk Image). Selanjutnya pilih Lanjut.
 
  • Kemudian pilih alokasi phisik untu hard disk, saya memilih pengalokasian Dinamis dalam artian alokasi yang diberikan akan disesuaikan dengan kebutuhan. Pilih Lanjut
 
  • Mengatur Lokasi dan ukuran berkas yang akan digunakan dalam menampung hasil ekstrak sistem operasi Windows XP, alokasikan saja sebesar 10 GB, karena Windows XP tidak membutuhkan ruang Disk yang terlalu besar. sedangkan untuk tempat penampungan berkasnya ketik saja dengan nama Windows XP. Pilih Buat
  • OK Pembuatan mesin virtual untuk windows xp sudah selesai, selanjutnya Tutorial ini akan bersambung pada tahapan ke dua. 
Terima kasih sudah berkunjung, mohon saran dan kritik nya







0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas waktunya membaca blog ini,serta luangkan waktu Anda untuk memberi komentar

Sekolah Kami :

Flag Counter

Yang Online

Trafik Pengunjung

DOWNLOAD PRANGKAT TUGAS :

Statistik Blog

Yang Sering di Baca

Halaman FB TKJ SMK Qamarul Huda Bagu