Breaking News

Wednesday 28 September 2016

Subnetting diartikan sebagai suatu cara untuk membagi blok setiap alamat IP menjadi beberapa blok IP Address dengan tujuan untuk memudahkan dalam melakukan pengadministrasian dan pemeliharaan jaringan.

Dalam melakukan subnetting alamat IP pada jaringan diperlukan beberapa tahapan sehingga dapat menghasilkan bentuk blok IP Address yang terstruktur dan mudah untuk di implementasikan kepada jaringan yang sudah ada. Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut :

Network Address (Alamat Jaringan) adalah sebuah alamat IP yang diberikan pada komputer utama yang nantinya akan mewakili komputer-komputer atau perangkat lain yang terhubung kedalam jaringan yang lebih luas. Perangkat-perangkat komputer yang terhubung melalui Network Address disebut dengan istilah Host. Network Address bisa digunakan dari IP kelas A, kelas B, ataupun kelas C. Untuk pembahasan mengenai kelas IP silahkan baca pada artikel Menentukan Kelas IP Address Dalam Jaringan Komputer. Fungsi Network Address adalah untuk  menandai sebuah jaringan agar dapat dibedakan dengan jaringan yang lain. Selain itu Network Address juga berfungsi untuk melakukan pengiriman paket dari Local Area Network ke Local Area Network yang lainnya.

Broadcast Address merupakan alamat IP yang digunakan untuk mengirimkan paket ke semua host yang terhubung di dalam jaringan yang melewati Network Address. Dalam penggunaannya Broadcast Address tidak sama dengan Network Address, jika pada Network Address alamat IP digunakan untuk mengirimkan paket dari LAN satu ke LAN yang lain atau dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain, Broadcast Address hanya terfokus pada data yang akan dibagikan kepada host saja.

Sebagai gambaran saja kita coba mengambil contoh untuk IP Address kelas C 192.168.10.0 - 192.168.10.255. Pada alamat IP tersebut yang akan bertindak menjadi Network Address adalah 192.168.10.0 sedangkan untuk Broadcast Address nya adalah 192.168.10.255.  

Nah, mengapa bisa seperti itu? Bagaimana cara menentukannya?  Oke untuk penjelasan lebih lanjut tentang dari mana kita bisa menyimpulkan bahwa 192.168.10.0 pada contoh alamat IP diatas adalah Network Address dan 192.168.10.255 adalah Broadcast Networknya. Baiknya lanjutkan untuk membaca artikel ini.

Dua tahapan di atas baru hanya digunakan untuk pengelompokan Address : Ingat dalam sistem jaringan IP Address di bagi menjadi tiga bagian yaitu Network Address, IP Address Valid dan Broadcast Address.  Sedangkan bagaimana cara menentukan akan kita lanjutkan dulu dengan menyajikan tahapan yang berikutnya yaitu Subnet Mask.

Subnet Mask merupakan bagian dari alamat IP yang akan dapat menggambarkan jumlah host yang bisa terhubung kedalam sebuah jaringan. Sebagai contoh dalam penulisannya subnet mask sering diisi dengan angka 255.255.255.0 yang dikenal dengan istilah Subnet Mask Desimal. Dari penulisan subnetmask desimal ini akan dilakukan konversi ke bentuk bilangan binary : Baca artikel mengenai Konversi Bilangan dalam Jaringan Komputer. Sehingga dihasilkan bilangan binary 11111111.11111111.11111111.00000000 dan dikenal dengan nama subnet mask binary. Bilangan binari adalah suatu bilangan dengan perpangkatan 2 dari bentuk bilangan binari diatas pada subnet mask binary terdapat 8 bit angka 0 (nol) sehingga bisa di tuliskan 2^8 = 256. Nah dari sini kita sudah bisa memperkirakan berapa jumlah host yang akan terkoneksi kedalam jaringan. Sekali lagi kita mengingat tentang aturan IP Address dalam sistem jaringan bahwa IP Address terbagi menjadi 3. Sehingga kita bisa menuliskan bahwa IP untuk Network Address adalah 192.168.10.0. Dari hasil pangkat bilangan binari 8 bit angka 0 (nol) kita mendapatkan angka 256. Ok...sampai disini tentunya Anda masih merasa bingung ya...simpan dulu rasa bingungnya kita lanjutkan pada tahap berikut nya.

CIDR merupakan kependekan dari Classess Inter-Domain Routing adalah suatu cara yang dipakai dalam mengalokasikan jumlah alamat IP yang ada pada blok tertentu.  Penulisan CIDR pada alamat IP biasanya di tandai dengan /(slash) kemudian bilangan CIDR yang akan digunakan. Sebagai contoh misalnya dari alamat IP Address di atas kita tulis 192.169.10.0/24 maka jika kita implementasikan ke dalam bentuk bilangan biner maka akan menjadi:
11111111.11111111.11111111.00000000 loh kok bisa ? Hmmmm.....baiklah daripada makin tambah bingung kita coba bahas. Angka CIDR akan di tuliskan dalam bilangan binari seperti diatas, setiap angka 1 mewakili nilai 1. IP Adrress versi 4 dibentuk oleh 32 karakter biasa disebut 32 bit, 1 karakter mewakili 1 bit. 32 karakter tersebut dikelompokkan menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 8 bit yang di sebut oktet. Pemisah antara oktet dituliskan oleh titik (.). Nah sampai disini kita akan melihat pada angka berikut :

111111111.11111111.11111111.00000000

keterangan :
biru : disebut oktet pertama berisi 8 karakter (8 bit) yang terisi angka 1 jika dijumlahkan mejadi 8
merah : disebut oktet kedua berisi 8 karakter (8 bit) yang terisi angka 1 jika dijumlahkan menjadi 8
oranye : disebut oktet ketiga berisi 8 karakter (8 bit) yang terisi angka 1 jika dijumlahkan menjadi 8
hijau : disebut oktet keempat berisi 8 karakter (8 bit) yang terisi angka 0 jika dijumlahkan menjadi 0

dari sini kita akan menjumlahkan oket pertama + oktet kedua + oktet ketiga + oktet keempat
8 + 8 + 8 + 0 = 24
nah dari sini akan diperoleh bilangan CIDR yang dituliskan pada IP Address tersebut.

untuk lebih jelasnya tentang CIDR bisa anda lihat pada tabel di bawah ini


Pemangkatan 2
Pemangkatan angka dua dengan bilangan mulai dari 0,1,2,3 dan seterusnya yang nantinya akan menghasilkan angka bilangan genap postif seperti yang terlihat pada tabel diatas.

Dengan teknik dan mengetahui tahapan-tahapan diatas kita bisa melakukan subnetting pada suatu alamat IP dan bisa menentukan blok IP yang akan di dapat, serta mengetahui rentang dari masing-masing.

bersambung...


0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas waktunya membaca blog ini,serta luangkan waktu Anda untuk memberi komentar

Sekolah Kami :

Flag Counter

Yang Online

Trafik Pengunjung

DOWNLOAD PRANGKAT TUGAS :

Statistik Blog

Yang Sering di Baca

Halaman FB TKJ SMK Qamarul Huda Bagu