Breaking News

Wednesday 24 October 2012

Perjalanan kali ini menuju ke bagian utara Pulau Lombok, tapi masih belum jauh dari Kota Mataram, menyusuri jalanan yang menghubungkan Wilayah Lombok Barat dengan Lombok Utara. Jalan berkelok dengan hamparan sawah dan rindangnya pepohonan di sepanjang perjalanan membuat adem. Tidak terasa sampailah di Hutan Wisata Pusuk Pas.

Pusuk kalau di Indonesiakan berarti Pucuk atau puncak. Kalau berbicara soal wisata Puncak Anda akan membayangkan objek wisata di Jawa Barat (Bandung). 

Lombok pun memiliki obyek wisata sejenis dengan nama Pusuk. Hutan wisata pusuk adalah hutan wisata yang di kelola oleh Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Pusuk sendiri merupakan bentangan kaki dari Gunung Rinjani, Gunung tertinggi ke tiga di Indonesia yang meiliki tinggi 3.726 mdpl dan merupakan gunung berapi yang masih aktif.
Landscape Bukit di ambil dari Pusuk Pas


Di Pusuk pas, adi-thejourney bersama team melakukan rehat sejenak. Udara yang sejuk dari hawa pegunungan membuat badan yang sempat kelelahan menunggangi kendaraan bisa terobati. Untuk menambah kesegaran badan, kami memesan tuak manis (air enau yang masih segar dengan rasa yang manis) dingin. Hmmmmmm......terasa sejuk mengaliri tenggorokan saat meneguk minuman manis tersebut.
Di sini kami sempat mengambil beberapa obyek landscape dan obyek satwa penghuni hutan tersebut (monyet).



Jarak tempuh dari Mataram sampai ke Hutan Wisata Pusuk tidak terlalu jauh, kurang lebih 25 menit perjalanan kendaraan roda dua dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam.

Di sepanjang perjalanan Anda bisa menemui warung-warung dipinggir jalan yang menjual minuman dari pohon aren (tuak manis) yang merupakan minuman khas di Lombok yang sangat segar. Ada juga bisa menemukan buah-buahan seperti duren dan buah hasil hutan lainnya jika Anda berkunjung atau melewati jalur ini di kala musimnya.


Disini juga Anda bisa menemukan restauran khas Sasak yang menjual makanan khas Lombok. 
Tak ada salahnya jika Anda mencoba berhenti sejenak disini, jika Anda hendak melakukan liburan ke Utara Pulau Lombok. Dari sini Anda selanjutnya bisa melanjutkan ke Bangsal Pemenang untuk kemudian ke Gili (Trawangan, Air dan Meno), atau Anda ingin berwisata ke Pantai berpasir putih Pantai Sira yang memiliki lapangan Golf yang luas, atau mungkin Anda ingin menuju Air Terjung Sindang Gila di Bayan.

Pesan : "Berhati-hatilah melalui jalur pusuk pas karena struktur jalan yang berliku dan memiliki bentuk leter "S" yang tajam, periksa kendaraan Anda sebelum dipergunakan. Karena jalan ini sangat licin terutama dimusim hujan".





0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas waktunya membaca blog ini,serta luangkan waktu Anda untuk memberi komentar

Sekolah Kami :

Flag Counter

Yang Online

Trafik Pengunjung

DOWNLOAD PRANGKAT TUGAS :

Statistik Blog

Yang Sering di Baca

Halaman FB TKJ SMK Qamarul Huda Bagu