Breaking News

Monday 26 September 2016

A. Jaringan Peer To Peer
jaringan komputer
Jaringan peer to peer adalah jenis jaringan yang diistilahkan dengan non-dedicated server, yaitu dimana server tidak hanya berperan sebagai server utuh, tetapi juga dapat berperan sebagai workstation. Tipe jaringan ini biasanya digunakan apabila semua komputer ingin digunakan sebagai client dan pada saat yang bersamaan akan berfungsi sebagai server dalam melakukan sharing data, file maupun perangkat lainnya.
Komputer peer to peer tidak memerlukan sistem operasi yang khusus untuk server, semua perangkat komputer bisa terhubung dan saling mengakses satu sama lain dengan jenis sistem operas standar.


Keunggulan dan Kelemahan Jaringan Peer To Peer
a. Keunggulan 
  1. Komputer dalam jaringan dapat saling berbagi pakai fasilitas yang dimilikinya seperti : harddisk, drive, fax/modem, printer
  2. Biaya operasional murah
  3. Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server, karena jika salah satu komputer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
b. Kelemahan
  1. Troubleshooting jaringan lebih sulit dibandingkan dengan jaringan client server, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Pada jaringan client server, komunikasinya terjalin antara server dengan workstation.
  2. Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server.
  3. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur kemanan masing-masing fasilitas yang dimiliki.
B. Jaringan Client-Server
jaringan komputer client server
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain, sedangkan Client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server

Keunggulan dan Kelemahan :
Seperti halnya tipe jaringan peer to peer, tipe ini juga memiliki keunggulan dan kelemahan, diantaranya yaitu : 
a. Keunggulan
  1. Kecepatan aksesnya lebih tinggi
  2. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik
  3. Sistem backup data lebih baik
b. Kelemahan
  1. Biaya operasional pasti lebih mahal
  2. Dibutuhkan  satu komputer khusus yag berkemampuan leih ditugaskan sebagai server
  3. Sangat ketergantungan pada server, karena jika server mengalami  gangguan atau masalah, maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas waktunya membaca blog ini,serta luangkan waktu Anda untuk memberi komentar

Sekolah Kami :

Flag Counter

Yang Online

Trafik Pengunjung

DOWNLOAD PRANGKAT TUGAS :

Statistik Blog

Yang Sering di Baca

Halaman FB TKJ SMK Qamarul Huda Bagu