Breaking News

Thursday 22 September 2016

Penerapan media pembelajaran dengan simulasi adalah suatu teknik dalam pengembangan mutu pengetahuan dan keterampilan para peserta didik yang menekuni bidang Jaringan Komputer. Hal ini perlu diterapkan sejak awal pengenalan jaringan komputer karena merupakan dasar keterampilan yang akan digunakan untuk membangun jaringan komputer pada media yang nyata.

Banyak sekali aplikasi media simulasi yang sudah beredar saat ini, namun untuk tahap dasar dalam pembuatan simulasi jaringan, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Qamarul Huda akan memulai dengan Aplikasi Simulasi buatan dari Cisco yaitu Cisco Packet Tracer.

 Layar utama Cisco packet tracer

Mengapa Cisco Packet Tracer ? 
Aplikasi ini dirasa mampu mewakili kebutuhan implementasi jaringan baik yang paling sederhana seperti peer to peer, local area network, bahkan sampai kepada mendesain jaringan berbasis luas dan global.

Pada tulisan kali ini akan mebahas sedikit tentang kegunaan dan gambaran tentang aplikasi Cisco Packet Tracer secara umum, sebagai bentuk pengetahuan kepada siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Qamarul Huda Bagu, agar kedepannya bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik dan trampil. Dari tulisan ini nantinya akan dikembangkan menjadi suatu tutorial pembelajaran tentang Packet Tracer tahap demi tahap.

Apa itu Cisco Packet Tracer ?
Cisco Packet Tracer adalah suatu aplikasi simulasi jaringan yang dibuat oleh perusahaan Cisco yang bergerak dibidang pembuatan perangkat jaringan secara global, baik pembuatan router maupun server dan perangkat jaringan lainnya.

Bagaimana Menggunakan Cisco Packet Tracer ?
Cisco Packet Tracer bisa digunakan dengan sangat gampang, karena interface yang diusung mudah dipahami dan diaplikasian kedalam komputer, tampilan GUI yang dibawa juga membuat siapa saja yang punya keinginan untuk mempelajari dan memiliki pengetahuan dasar jaringan bisa menggunakannya.
Untuk memulai menggunakan aplikasi ini tentunya di komputer harus sudah terpasang aplikasi Cisco Packet Tracer.

Baimana mendapatkan aplikasi Cisco Packet Tracer ?
Untuk mendapatkan aplikasi Cisco Packet Tracer bisa di download pada link di bawah ini.
Cisco Packet Tracer Download link :

Setalah mendownload aplikasi tersebut silahkan instal pada komputer Anda, aplikasi ini mendukung pada penggunaan Windows 7 32 bit.

Untuk langkah-langkah penggunaan Cisco Packet Tracer bisa di pelajari pada postingan Materi : Instal Sistem Operasi Berbasis GUI (Windows XP) - Bagian 1 pada blog ini. Disana akan diuraikan langkah-langkah menggunakan Cisco Packet Tracer dalam membangun virtual komputer.
Terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas waktunya membaca blog ini,serta luangkan waktu Anda untuk memberi komentar

Sekolah Kami :

Flag Counter

Yang Online

Trafik Pengunjung

DOWNLOAD PRANGKAT TUGAS :

Statistik Blog

Yang Sering di Baca

Halaman FB TKJ SMK Qamarul Huda Bagu